kuman keciL

Lagi beLajar bkin

Friday, January 9, 2009

Story oF Nursing Day

Den Haag - Tanggal 12 mei adalah hari keperawatan dunia. Dan pada tahun ini tema yang diambil oleh WHO adalah “save staffing save the world”.

Sejarah hari kepertawatan dunia ini sendiri tak lepas dari peran Florence Nightingale.

Florence Nightingale (Firenze, Italia, 12 Mei 1820 - 13 Agustus 1910) adalah pelopor perawat modern. Ia dikenali dengan nama The Lady With The Lamp dalam bahasa Inggris yang berarti “Sang Wanita dengan Lampu”. Nama depannya, Florence merujuk kepada kota kelahirannya, Firenze dalam bahasa Italia atau Florence dalam bahasa Inggris.

Florence dilahirkan dalam keluarga berada dan tumbuh sebagai wanita yang menawan dan periang yang mempunyai masa depan yang cerah. Bagaimanapun penderitaan yang dilihatnya semasa peperangan di semenanjung Krim, Rusia, menyebabkan hati Florence Nightingale tersentuh melihat penderitaan tentara yang luka dan dibiarkan saja dalam rumah sakit yang kotor.

Florence Nightingale menghidupkan kembali konsep penjagaan kebersihan rumah sakit dan kiat-kiat juru rawat. Florence Nightingale memberikan penekanan kepada pemerhatian teliti kepada keperluan pasien.

Sebagaimana ditahun-tahun sebelumnya, tahun ini pun instansi kesehatan di Belanda merayakannya. Di rumah sakit Bronovo misalnya, mereka merayakan hari keperawatan dengan menggelar foto-foto tentang “kehidupan” perawat di Rumah sakit sehari-hari. Juga di Rumah perawatan Nebo, merayakannya dengan makan siang bersama seluruh karyawan dan menggelar eksebisi kursi pijat “massage stoel”.

Pada tahun lalu, di Rumah sakit Groenhart Gouda, mengadakan drama tentang hubungan perawat dan pasien yang dikemas secara komedis.

OTKIN memang tidak merayakan spesial hari keperawatan ini, tetapi OTKIN secara tidak langsung memberi penghargaan setinggi-tingginya kepada para perawat dengan memperjuangkan agar profesi perawat mampu menjadi profesional yang dihargai.

Selamat berulang tahun dan tetap berjuang.

Labels:

0 Comments:

Post a Comment

add comment na y....

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home